25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) menginformasikan bahwa sederat wilayah di bandung barat mengalami bencana longsor hingga mengakibatkan 23 properti rusak berat.

hujan dengan intensitas tinggi telah mengakibatkan longsor selama tiga kecamatan, tutur kepala pusat data Informasi serta humas bnpb sutopo purwo nugroho di jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan tersebut merupakan kecamatan gununghalu, kecamatan rongga dan kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman dan berada di tebing perbukitan curam serta kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim sudah mendorong wilayah itu mempunyai risiko longsor tinggi, ujarnya.

dia menyebutkan, tercatat 23 properti rusak berat, 97 rumah terancam longsor dan 87 jiwa mengungsi akibat longsor selama tiga kecamatan itu.

Informasi Lainnya:

sebagian masyarakat baru mengungsi selama rumah kerabatnya yang lebih tidak berbahaya katanya.

dia menambahkan, melalui pemukiman yang dibangun dalam perbukitan berlereng curam dan tutupan hutan amat terbatas serta kondisi tanah dan tebal juga mempunyai mata air selama bagian sedang update batuan keras selama pihak bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk itu pemda usah memfasilitasi teknologi konservasi tanah juga air pada warga supaya risiko bencana dapat diminimalisir, ujarnya.

banyak koleksi teknologi sederhana untuk mengatasi longsor, tutur dia, bagus secara fisik dan vegetatif yang disesuaikan kondisi setempat.