Kabupaten Bandung banjir, ribuan mengungsi

banjir di kawasan baleendah, dayeuhkolot dan bojongsoang, kabupaten bandung terserah naik makanya membuat ribuan keluarga pada bantaran sungai citarum mengungsi, minggu.

banjir luapan citarum tinggal meninggi, dari sabtu malam mereka tinggal mengungsi. mereka diminta mengungsi agar tak tertipu selama rumahnya, kata kepala bpbd kabupaten bandung marlan.

banjir yang merendam sedikitnya sembilan kelurahan selama tiga kecamatan itu tinggal meningkat sabtu kemarin akibat hujan deras dalam kawasan bandung raya, terutama daerah hulu citarum selama dua hari terakhir.

ketinggian air pada tujuan banjir tersebut bervariasi antara 50 sentimeter hingga hingga dua meter makanya merendam hingga atap rumah.

Informasi Lainnya:

masing-masing sudah tahu objek wisata pengungsian masing-masing, sehingga penanganannya akan lebih tidak sulit. jaraknya pada titik-titik dan sudah ditentukan, katanya.

selain merendam pemukiman, banjir dan merendam sederat ruas jalan dalam kawasan itu seperti jalur baleendah-dayeuhkolot tepatnya di spbu jembatan dayeuhkolot tergenang banjir sampai semeter sehingga tidak dapat dilintasi kendaraan.

juga ruas jalan selama jalur dayeuhkolot - bandung tepatnya pada palasari, dan terendam sehingga jalur tersebut terputus. praktis arus lalu lintas daripada baleendah/majalaya menuju ke kota bandung cuma dengan jalur baleendah - bojongsoang - buah batu.

tidak semua pengungsi menempati gor serta sekolah dan sudah ditetapkan untuk web pengungsian. ada masyarakat mencari mendirikan tenda-tenda dari terpal dengan membawa alat masak dan alas supaya tidur selama tenda dan didirikan di info lebih tinggi.

lebih aman manfaatkan tenda sendiri, manakala ke gor penampungan jaraknya jauh, lebih baik pada situ saja. biarpun harus mengikuti air bersih lumayan jauh, papar fatimah, selama tenda daruratnya selama bantaran sungai citarum.

banjir selama kawasan baleendah itu belum menunjukkan mau surut sebab hujan deras baru berkurang selama bandung selatan tepatnya kawasan kertasari, majalaya juga cicalengka, serta bandung timur.

curah hujan baru lumayan tinggi, makanya kawasan banjir baru mau terjadi pada beberapa masa ke depan, kata marlan.