Mahasiswa Petra ciptakan teh antioksidan dari kulit manggis

lima mahasiswa universitas kristen petra (ukp) surabaya mewujudkan teh daripada kecantikan manggis dan mereka sebut dant tea melalui manfaat dibuat antioksidan dan dapat mencegah kanker, kolesterol, diabetes, dan proses penuaan.

saya semula sesungguhnya tak mengetahui buah manggis. aku sering minum teh selama restoran pinggir jalan dan umumnya manis dan berpengawet, sebab itu ada jumlah diabetes pada usia muda, papar anggota tim mahasiswa ukp, anthomi wibisono limanto, di kampus setempat, kamis.

ditemui saat mengikuti petra green bazaar agar memeriahkan open house ukp bertajuk petra parade 2013, ia menceritakan ide agar menciptakan minuman dan mengedukasi warga itu akhirnya dapat terwujud ketika ada lomba dari bank mandiri.

lomba `business plan` itu digelar bank mandiri dalam oktober 2012, kemarin aku mengajak empat rekan agar mengimplementasikan ide minuman dan mengedukasi warga hingga akhirnya tambah besar mewujudkan teh dari kulit manggis, ujarnya.

Informasi Lainnya:

mahasiswa fe ukp tersebut mengajarkan teh daripada kecantikan manggis dibuat di empat rasa, yakni original (murni manggis) serta tiga rasa campuran (manggis dicampur stroberi, anggur, dan buah naga) melalui takaran 1:2 (Satu liter rasa campuran dengan dua liter teh manggis).

didampingi empat rekannya yaitu handry s (fe), randy (fe), rendy (fe), serta audrey angelina (fsd/fakultas seni desain), ia menungkapkan dana diaplikasikannya di setahun dengan bimbingan dosen ukp itu bertujuan untuk menjadikan wirausaha muda untuk mampu eksis.

kami mencari manggis sebab buah itu bersifat antioksidan dan lumayan menarik supaya kesehatan. karena tersebut kami mencantumkan motto `fresh and fun`. bahkan tiga rasa campurannya serta bersifat antioksidan, ujarnya.

tentang cara membuatnya, ia menungkapkan buah manggis diambil kecantikan pihak pada dan berwarna merah, kemarin dikeringkan dan dimasukkan ke dalam air mendidih melalui suhu ideal 80-100 derajat celsius.

dalam masa 10-15 menit, air mendidih tersebut menjadi teh, lalu didinginkan pada setengah hari, dengan begini teh dari kulit manggis dan original pun maka. agar rasa campuran, buah stoberi, anggur, serta buah naga dipotong di patokan kecil, katanya.

untuk anggur, ujarnya, perlu dibuang biji-nya lebih-lebih dulu namun kulitnya dibiarkan, kemudian buah naga tidak kecantikan, juga stroberi tanpa dipilah-pilah kulit atau biji-nya. ketiga buah supaya rasa campuran tersebut dipotong pada patokan kecil, 2012 diblender.

takaran manggis serta buah campuran di angka 400 gram itu dimasuki air sebanyak 5-10 liter. cara penyajiannya serta bisa panas (tidak gula), standar (melalui gula batu), juga dingin (melalui gula manis), katanya.