Ungkap kasus pengeroyokan Sersan Kepala Heru Santoso

saat sorotan cenderung diarahkan pada tni ad mengenai persentasi penyerbuan bersenjata ke lp cebongan, ada Satu hal yang cenderung dilewatkan, yakni bagaimana cara polisi menuntaskan persentasi pengeroyokan sampai tewas sersan kepala heru santoso pada 'hugos cafe?

kepolisian indonesia harus langsung menuntaskan kasus pengeroyokan melalui korban tewas sersan kepala heru santoso, tutur ketua presidium indonesia police watch, neta pane, selama jakarta, rabu.

pengeroyokan sampai tewas santoso (anggota komando distrik militer setempat, eks anggota grup 2 komando pasukan khusus tni ad) dengan kawanan preman di 'hugos cafe inilah dan maka titik pangkal penyerbuan bersenjata Satu kelompok, yang dinyatakan terdiri daripada 11 personel kopassus tni ad dari kandang menjangan, surakarta.

gerombolan preman penganiaya sampai tewas santoso, yang dari berlarut malang-melintang dan tidak digulung penegak hukum pada sini itu, diungkap kepolisian daerah diy terdiri daripada empat pihak saja, yakni gameliel yermiyanto rohi riwu, adrianus candra galaja, hendrik angel sahetapi alias deki, dan yohanes juan manbait.

Informasi Lainnya:

sehari sesudah santoso dikeyorok hingga tewas dengan gerombolan juan, polisi menjerat keempat preman sadis itu. semula mereka ditahan di sel tahanan markas kepolisian daerah diy; tapi akhirnya dipindahkan ke lp cebongan pada Salah satu iringan berpengawalan polisi.

pimpinan lp cebongan paham, juan cum suis merupakan barang panas yang berpotensi masalah serius. sebab demikian pihak lp cebongan membayar pengawalan menetap 24 produk pada polisi kepada empat tahanan titipan polisi itu.

inilah titik awal kedua kerawanan dan tak ditindaklanjuti dengan serius oleh polisi karena pengawalan tersebut tidak sudah diberikan. cerita seterusnya, juan cs tewas direjang peluru selama sel tahanannya selama lp cebongan tersebut.

karena tersangka pengeroyokan santoso itu (juan cs) telah tewas dengan begini proses hukum seterusnya seolah dianggap tutup buku. padahal masih banyak pertanyaan menyisa dan harus dibuktikan kebenarannya.

pane, menilai, ketika itu santoso dan juga anggota kopassus dikeroyok 11 pihak juga polisi baru menjerat empat pihak. artinya masih ada tujuh tersangka penganiaya sampai tewas santoso yang bebas berkeliaran. hal ini dan belum pernah diungkap polisi pada umum hingga kini.

menurut pane, peristiwa santoso selama 'hugos cafe ini adalah bermanfaat sebab inilah yang adalah motif penyerangan ke lp cebongan. jika polisi tidak kunjung menuntaskan kasus 'hugos cafe, ipw mendesak untuk tim investigasi tni ad berkurang tangan menginvestigasinya.

tim tni mesti berkurang tangan sebab jumlah 'hugos cafe Satu rangkaian dengan cebongan. di angka 'hugos cafe belum dituntaskan, sebaiknya 11 anggota kopassus tersangka jumlah cebongan jangan disidangkan dulu selama peradilan militer sebab mampu menjadi zat dan meringankan terhadap mereka, kata pane.

menurut undang-undang acara, polisi sipil berwenang juga wajib menyidik juga menyelidiki pelanggaran pidana penduduk negara sipil; juan cum suis merupakan penduduk negara sipil. agar anggota militer, keuntungan itu dilaksanakan polisi militer.

tim investigasi tni tak menyaksikan persentasi cebongan secara sepotong-sepotong tapi harus melihatnya dengan menyeluruh. cctv di 'hugos cafe mesti dibuka segera agar dikenal siapa saja ke sebelas pengeroyok serta bagaimana mereka menghabisi santoso, tutur pane.